Sebelum memulai proses belajar pemrograman Android App, diperlukan tahap instalasi Android Studio yang tentunya sangat penting di sini, dan juga memerlukan proses yang lumayan lama. Dibutuhkan juga sebuah koneksi internet yang cukup bagus untuk melanjutkan instalasi ini. 

Android studio adalah lingkungan pengembangan terpadu(IDE) yang resmi untuk para developer / pengembangan platform android,hal itu disampaikan pada tanggal 16 Mei 2013 Google I/O, android studio sudah tersedia secara bebas dibawah lisensi Apache 2.0. Android studio pada awalnya tahap preview versi 0.1 yang dipakai pada tanggal 1 Mei 2013 dan memasuki tahap beta pada bulan Juni 2014 dan mulai stabil dirilis pada Desember 2014 dengan versi 1.0 ,berdasarkan jetBrains ‘IDEA Intellij Software,android studio dirancang khusus untuk pengembangan android yang tersedia untuk Windows,Mac OS X dan Linux sebagai pengganti Eclipse.
Android Studio merupakan perangkat lunak buatan Google untuk para developer android dalam membuat dan mengembangkan aplikasi android. Android Studio menawarkan banyak fitur yang memungkinkan alur kerja pengembangan Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan dalam satu set.

Android Studio ini juga merupakan pengembangan dari eclipse, dikembangkan menjadi lebih kompleks dan professional

Dan masih banyak lagi fitur yang ada pada android studio, kita dapat menyimaknya di halaman Meet Android Studio.

Untuk mendapatkan aplikasi android studio, kita bisa download pada link di bawah ini :
Setelah selesai instalasi kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya tentang Instalasi Android Virtual Device (AVD) dan Android Emulator.