Friday, September 22, 2017

Mengubah Port Apache dan MySQL di XAMPP

Kenapa harus mengganti port Apache dan MySQL? 
Terdapat beberapa alasan kenapa kita harus mengganti port bawaan XAMPP ini. Misalnya ingin menjalankan beberapa aplikasi XAMPP secara bersamaan. Atau lebih tepatnya menjalankan beberapa web server sekaligus. Hal ini akan menyebabkan bentrokan pada saat mengakses port web server dan mysql.
Secara default, web server apache bawaan XAMPP menggunakan port 80 dan 443 untuk SSL. Sedangkan MySQL server menggunakan port 3306, seperti gambar berikut:
                           


A.     Cara Mengubah Port Default Apache di XAMPP
a.     Untuk mengubah port default apache, kita harus mengedit file konfigurasi apache, yakni file httpd.conf. caranya Klik tombol config lalu klik Apache (httpd.conf). Akan tampil file konfigurasi apache di Notepad. Kita tinggal mengubah port 80 menjadi 8080



Pada file httpd.conf yang telah terbuka, Cari baris dengan Ctrl+F dan cari “Listen 80”, kemudian ubah angka 80 menjadi 8080, sehingga menjadi “Listen 8080“.


Masih pada file httpd.conf, cari baris dengan perintah Ctrl +F “ServerName localhost:80” kemudian ubah menjadi “ServerNamelocalhost:8080“. Lalu simpan pengaturan, dan tutup.



b.    Langkah selanjutnya adalah mengubah pengaturan port SSL apache, dimana defaultnya menggunakan port 443. Caranya hampir mirip. Kembali klik tombol config pada bagian actions XAMPP, dari menu yang tersedia, kali ini klik Apache (httpd-ssl.conf). File tersebut akan kembali terbuka di notepad.


ServerName www.example.com:4433

Carilah baris dengan perintah Ctrl+FListen 443” dan ubah menjadi “Listen 4433”.
Masih di file Apache (httpd-ssl.conf), cari baris dengan perintah Ctrl+Fvirtualhost_default_:443” kemudian ubah menjadi “virtualhost_default_:4433“, dan terakhir cari baris dengan Ctrl+FServerName www.example.com:443” dan ubah menjadi “ServerName www.example.com:4433“. Simpan pengaturan dan tutup file ini. Perubahan port Apache sudah selesai!

Hasilnya :



c.     Cara mengakses web server? Caranya adalah dengan menambahkan angka port setelah penulisan http://localhost. Sebagai contoh, karena digunakan port 8080, maka alamatnya menjadi http://localhost:8080. Jika terdapat folder webanda di htdocs XAMPP, alamat folder tersebut akan menjadi http://localhost:8080/webanda


B.      Cara Mengubah Port Default MySQL di XAMPP
Setelah mengubah port apache, kali ini kita mengubah port MySQL. Secara default, MySQL Server menggunakan port 3306, akan diubah menjadi port 3036.
Cara mengubah port MySQL hampir sama dengan mengubah port apache, kita harus mengedit file setingan my.ini. Silahkan klik tombol config kemudian pilih my.ini.



File setingan MySQL my.ini akan tampil di notepad. Kali ini kita akan mencari baris dengan perintah Ctrl+F “port = 3306”, lalu kita ubah menjadi “port = 3036”:

Lalu ubah juga “port = 3306” yang ada dibawahnya, lalu kita ubah menjadi “port = 3036”

Hasilnya :



C.      Pembuktian Akses Phpmyadmin



Hal ini terjadi karena pada config.inc.php di config Port MySQL untuk PHPmyadmin
Masih mengakses port 3306, kita harus ubah file pengaturannya. Caranya, klik menu config dari XAMPP Control panel (pada baris apache), kemudian pilih phpMyAdmin (config.inc.php).



Setelah muncul notepad config.inc.php, cari dengan perintah Ctrl+F “host”, hasilnya :


Lalu tambahkan di belakang 127.0.0.1, menjadi 127.0.0.1:3036, hasilnya:



Save file config.inc.php, kemudian coba restart apache dan MySQL.

phpMyAdmin sukses berjalan.




0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan