Wednesday, September 20, 2017

Pemrograman Android Level Pemula (Beginner Level 1)

Belajar Android Dasar – kali ini kita akan belajar mengenai dasar-dasar pemograman Android. Android merupakan sitem operasi berbasis linux yang dirancang khusus untuk smartphone ataupun tablet dan untuk sekarang ini android tidak hanya di smartphone dan tablet melainkan bisa di device yang lain seperti TV, Jam Tangan, dll. Untuk membangun aplikasi android diperlukan skill atau kemampuan java dasar dikarenakan aplikasi android dibangun dengan menggunakan pemograman java.

Konsep Dasar Android

  1. Dalam pembuatan aplikasi Android, program ditulis dalam bahasa pemrograman Java, sedangkan layout atau desain aplikasi dibuat menggunakan xml.
  2. Setelah selesai dalam pembuatan aplikasi, kita dapat menggunakan Build Tool untuk membuat .apk file yang kita buat, yang bisa kita masukan ke Google Play.
  3. Semua file yang kita sertakan dalam aplikasi kita, akan di-manage di dalam sebuah project menggunakan Integrated Development Environtment (IDE). Kita juga akan melakukan coding menggunakan IDE tersebut.
  4. IDE standar untuk pengembangan Android adalah Eclipse atau Android Studio 
Keunggulan Android
  • Mudah digunakan, karena cara kerjanya menggunakan teknologi layar sentuh sehingga memudahkan kita dalam memakainya.
  • Banyak Macam Aplikasi yang tersedia, karena android itu merupakan open source jadi banyak pengembang aplikasi yang berlomba-lomba membuat aplikasi free ataupun berbayar di Android Play Store.
  • Harganya murah, karena android merupkan open source jadi banyak Pemilik Brand-brand ternama bersaing dari segi harga, sehingga dapat terjangkau oleh semua orang dari mulai kelas bawah sampai kelas atas.
  • Dan masih banyak keuntungan lainnya yang bisa kita dapatkan.

Tools yang diperlukan
Untuk tools yang diperlukan sebenarnya sama seperti tools yang diperlukan jika kita akan membuat aplikasi java, tambahannya cuma Android SDK.
  • JDK (Java Development Kit), yaitu tools untuk proses compiling dari *.java ke *.class, jdk wajib terinstall jika akan membuat aplikasi java, sedangkan untuk menjalankan aplikasi java cukup dengan JRE.
  • JRE (Java Runtime Environtment), yaitu perangkat untuk mejalankan aplikasi javanya itu sendiri, versi JRE harus sama atau lebih tinggi dari versi JDK, sebab jika versi lebih rendah bisa gagal dalam menjalankan aplikasi java di karenakan ada beberapa perubahan yang ada di JDK tapi tidak ada di JRE.
  • Android SDK, api yang diperlukan untuk bisa membangun sebuah aplikasi android. SDK ini sifatnya wajib karena tanpa sdk android tidak akan bisa di develop.
  • Android Studio/Eclipse, tapi disarankan memakai Android Studio yang merupakan Official IDE dari Google.
Tahap selanjutnya : Instalasi Android Studio

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan